Pages

Subscribe:

Sabtu, 19 Oktober 2013

Menjinakan Burung Branjangan

Branjangan terlebih jika membelinya dalam kondisi bakalan tentu burung tersebut masih memiliki sifat liarnya atau giras. dan hal ini jika dibiarkan apalagi jika burung tersebut masih dalam kondisi sangat giras tentu bisa merusak atau melukai dirinya sendiri karena ketakutannya. 
Pada burung branjangan bakalan yang masih berusia muda proses penjinakan tentu akan lebih mudah dibanding burung branjangan bakalan yang sudah dewasa atau sudah berumur. 

Untuk anda yang kebetulan memiliki burung branjangan yang masih giras atau liar ini, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan pada burung branjangan anda agar cepat menjadi jinak. 


Sebaiknya begitu anda mendapatkan burung branjangan bakalan yang masih liar, jangan dahulu dimasukan dalam kandang branjangannya yang khusus, tetapi masukan saja dalam kandang yang berukuran kecil yang bagian alasnya sudah dimodifikasi agar bisa menaruh pasir dan di sekeliling sangkar tersebut diberi lakban.
Pakan diberikan secukupnya saja atau jangan buat burung anda kekenyangan. karena kalau burung selalu kenyang karena kelebihan pakan , ia lebih cenderung tetap giras dan susah dibuat jinaknya.
Untuk mandinya banyak kicau mania kita yang memberikan mandi pada branjangan dengan cara dipegang (seperti memandikan Perkutut), mandi model demikian untuk burung pemakan biji-bijian memang sangat ampuh untuk menjinakan burung yang liar dan bisa diterapkan juga pada burung Parkit, Lovebird, Kenari, dsb.
Gantang ditempat ramai, jika burung branjangan selalu njeruji atau menabrak jeruji / loncat-loncat, maka bagian kiri dan kanan serta belakang dari sangkar tersebut bisa ditutupi dengan kertas koran atau kain jadi hanya bagian depan saja yang terbuka.
Didalam rumah sangkar bisa ditaruh ditempat yang ramai dengan aktifitas keluarga, misalnya ruang keluarga untuk membuat burung terbiasa dengan kesibukan dan aktifitas manusia disekitarnya.
Pakan yang baik selama penjinakan adalah EF atau Ekstra Fooding, jadi pakan hariannya bisa diberikan sedikit saja untuk membuatnya selalu merasa lapar, EF yang berupa jangkrik atau belalang hijau ini  diberikan langsung dari tangan kita jika burung masih ketakutan bisa diberikan dengan menggunakan lidi. 



Setelah beberapa hari burung branjangan tersebut dirasa sudah jinak meskipun masih jinak-lalat, burung bisa dipindahkan ke kandang aslinya yang memang dikhususkan untuk burung branjangan, dan setelah itu dimulai perawatan untuk membuatnya cepat rajin berbunyi : 

Berikut adalah beberapa tips yang berhubungan dengan perawatan harian untuk burung branjangan bakalan agar lebih cepat rajin bunyi : 


  • Berikan therapi Suara Alam ( Natural Therapi ) untuk burung branjangan bakalan yang anda miliki setiap malam selama satu jam, Suara burung yang terdengar dalam Natural therapi tersebut bisa berguna sebagai masteran untuk branjangan anda, pemberian terapi ini bisa dimulai pada sore hari jam 05 hingga jam 06 petang, atau pada pukul 07 hingga 08 malam. secara kontinyu selama satu hingga dua minggu dan dampaknya bisa terlihat beberapa hari setelah pembeian terapi tersebut, misalnya burung menjadi rajin berbunyi. 
  • Branjangan adalah burung yang sangat membutuhkan asupan nutrisi dan mineral yang tinggi karena habitatnya ditempat yang panas, sehingga ia sangat membutuhkan energi yang lebih banyak dari burung biasanya , jadi pemberian Multivitamin dan Mineral tambahan sangat diperlukan setidaknya seminggu tiga kali. 
  • Burung branjangan adalah burung teritorial, dan untuk memancing mental atau jiwa teritorial mereka bisa  dengan cara mengundang beberapa burung liar seperti gereja untuk menghampiri kandang branjangan tersebut dengan cara menyebarkan pakan biji-bijian disekitar kandang branjangan setiap hari, dan pada suata hari nanti burung branjangan ini akan mulai terusik dan terganggu sehingga ia mulai menunjukan sikap teritorialnya dengan cara hoovering atau mengeluarkan suaranya.  
  • Salah satu tips yang pernah diulas adalah memberikan undur-undur hidup untuk branjangan yang macet, hal ini juga bisa diberlakukan untuk branjangan bakalan yang ingin cepat bunyi dan jinak. 

Itulah beberapa tips mengenai perawatan branjangan bakalan yang masih giras atau liar dan bagaimana perawatannya agar cepat jinak dan cepat berbunyi, dan salah satu aspek terpenting dalam perawatan branjangan bakalan ini adalah kebutuhan nutrisi dan mineralnya yang harus selalu tercukupi baik dari pakan yang sesuai, Ektra Fooding dan juga multivitamin tambahan. 

Download Suara Burung Branjangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar