Pages

Subscribe:

Kamis, 12 September 2013

Burung Prenjak Lumut atau Prenjak Ijo(Hijau)

"   Prenjak Lumut adalah burung yang rajin berkicau. Burung ini sering dijumpai di area perkebunan. Dengan suara khas “ciek-ciek-ciek” untuk burung pejantan dan “ter-ter-ter” untuk burung betina. Prenjak lumut hamper mirip dengan prenjak merah. Yang membedakan adalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil. Dan pada punggung berwarna merah kehijauan.
      Namun sangat disayangkan, burung yang sangat rajin bekicau ini kurang begitu digemari oleh pecinta burung kicauan. Salah satu alas an mereka tidak mau memeliharanya yaitu karena rentan mati. Memang burung ini sangat rawan mati jika dipelihara manusia. Burung prenjak lumut memang tidak mudah beradaptasi dengan manusia.
Salah satu trik jika ingin memeliharanya yaitu dengan merawat mulai dari anakan. Sehingga diharapkan burung lebih mudah beradaptasi dengan manusia. Burung ini akan lebih baik jika dipelihara dalam satu pasang, yaitu pejantan dan betina. Cara membedakan pejantan dan betina pada burung prenjak lumut memang susah-susah gampang. Beberapa perbedaannya yaitu prenjak jantan terdapat 2 bulu ekor tengah yang lebih panjang, dan untuk bulu dadanya prenjak memiliki bulu dada agak hitam atau gelap, sedangkan untuk yang betinanya wana bulu dadanya cenderung lebih terang.
Dan untuk yang anakan dapat dibedakan dari warna kepalanya, untuk yang jantan warna kepala jauh lebih merah dari pada prenjak betina yang lebih pudar warna merahnya.  bentuk ekor untuk yang jantan ekornya lebih cenderung membulat atau mekar sedangkan yang betina lebih menguncup.

Cara Memilih Prenjak Lumut Jantan

beberapa daerah mempunyai istilah yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya prenjak lumut, cinenen, prenjak pisang ataupun prenjak bawah. Ya asalkan sama seperti ciri-ciri yang saya sebutkan berikut ini pasti prenjak lumut.

Ciri prenjak lumut jantan :
  • Lebih lincah atau enerjik dari yang betina
  • Perhatikan punggung prenjak tersebut di tempat yang terkena sedikit cahaya yang bagus akan berwarna seperti lumut kehijauan.
  • Sekarang kamu perhatikan ekornya, ada ekor tengah yang panjang itukan, silahkan dilihat apa ada 2 helai yang panjang, kalau ada berarti jantan
  • Kalau betina yang panjang bulu tengahnya cuma satu.
  • Jangan lupa bila beli prenjak bakalan atau dewasa usahakan yang sudah makan voer, jadi tidak repot ngurusinnya.
  • Untuk prenjak lumut ada warna merah seperti mahkota di dahi dan atas kepalanya “bila prenjak kepala merah hampir satu kepala warnanya merah”
Suara prenjak lumut jantan ini cukup bagus untuk variasi prenjak koleksi anda bila anda sudah punya yang kepala merah itu bisa jadi pelengkap suara koleksi prenjak anda.  Dari pada bingung gambaran /">prenjak lumut, siapa tahu anda sedang mencari prenjak tapi bingung mana lumut mana kepala merah, kita langsung lihat saja gambar berikut ini :

Cara Memilih Prenjak Lumut Jantan (1) Cara Memilih Prenjak Lumut Jantan (2)

Suara Prenjak Lumut Atau /">Prenjak Ijo Bakalan Hasil Tangkapan Langsung saya abadikan berupa Video bisa anda download :

Download Video Prenjak Lumut 1

Download Video Prenjak Lumut 2

Download Video Prenjak Lumut 3

Untuk Suara Mp3 Prenjak Lumut nanti menyusul

Terimakasih Atas kunjungannya. Semoga cukup membantu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar